indah2806

Perilaku konsumen

Posted on: November 30, 2011

Berbagai faktor yang memperbaiki keputusan beli

Pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) seseorang dipengaruhi oleh faktor personal dan sosialnya.

Faktor Personal meliputi : motivasi,persepsi,pemahaman,kepercayaan,sikap,dan kepribadian seseorang.

Faktor Sosial                         : kultur,subkultur,kelas sosial,kelompok referensi,keluarga,peran dan status.

Berbagai macam situasi pembelianPembelian ulang langsung adalah situasi pembelian dimana departemen pembelian memesan ulang secara rutin dan biasanya sering dilakukan pemesanan secara otomatis sehingga agen pembelian dapat menghemat waktu pemesanan ulang. – Pembelian ulang yang dimodifikasi adalah situasi dimana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, syarat-syarat pengiriman, dan lainnya. Hal ini biasanya melibatkan keputusan tambahan antara pembeli dan penjual. -Tugas-tugas adalah situasi pembelian dimana seorang pembeli membeli suatu barang/jasa untuk pertama kali. Semakin besar biaya, semakin banyak keputusan yang akan diambil dan semakin banyak informasi yang dibutuhkan, sehingga semakin lama waktu untuk penyelesaiannya, yang akhirnya dibutuhkan tugas-tugas yang lebih banyak.

Struktur keputusan beli : perumusan masalah,pengumpulan informasi,pengembangan dan penilaian alternatif,penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan,dan kegiatan keputusan setelah diambil.

Tahap-tahap dalam proses pembelian

Menganalisa keinginan dan kebutuhan,menilai beberapa sumber,menetapkan tujuan pembelian,mengidentifikasi alternatif pembelian,mengambil keputusan untuk membeli,perilaku sesudah pembelian.

Perilaku pembeli industrial: lingkungan organisasi,intraorganisasi,interorganisasi dan inter individu,individual.

Proses keputusan beli industrial

-penentuan kebutuhan

-pengumpulan informasi

-pengambilan keputusan

-pelaksanaan pembelian

-evaluasi pembelian

Pendekatan dalam pembelian industrial

 

pendekatan langsung itu sendiri adalah pendekatan yang dilakukan industry kepada konsumen dengan cara langsung.pada posisi ini industri merupakan produsen utama serta produsen perantara.perantara disni dimaksudkan sebagai penghubung langsung dengan konsumen sehingga pada pendekatan langsung industri itu memiliki 2 fungsi sekaligus. fungsi yang utama sebagai produsen asli dan perantara pemasaran.

pendekatan tidak langsung yang dilakukan industry kebanyakan berkaitan dengan produk yang dengan harga cukup tinggi.contoh dealer motor atau mobil.industri in tidak munkin menjual langsung kepada konsumen karena permintaan yang terus meningkat dengan produksi cukup banyak. sehingga industri in terfokus pada pembuatannya saja

 

 

SUMBER :

http://belajarmanagement.wordpress.com/2009/06/22/situasi-pembelian-dalam-pasar-bisnis/

http://www.scribd.com/doc/32519635/MODEL-PERILAKU-PEMBELIAN-KONSUMEN-SERTA-PERILAKU-PEMBELIAN-INDUSTRIAL

 

 

 

 

Tinggalkan komentar


  • Tidak ada
  • No comments yet

Kategori